Biografi Zainal Abidin Sang Pendiri PAFI

Biografi Zainal Abidin Sang Pendiri PAFI

Dikutip dari pafikabburu.orgPAFI merupakan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia sebuah organisasi farmasi tertua yang ada di Indonesia. Bahkan organisasi ini menjadi titik awal perkembangan dunia farmasi di Indonesia. Dalam hal ini bapak Zainal Abidin merupakan pendiri PAFI yang belum banyak dikenali. Oleh sebab itu ketahui informasi terkait biografinya disini:

Biografi Zainal Abidin Pendiri PAFI

Berikut adalah informasi lengkap mengenai biografi bapak Zainal Abidin:

1. Kelahiran Sawahlunto

Tidak banyak sumber yang menjelaskan mengenai biografi lengkap tokoh fenomena di Indonesia satu ini. Sebagi pendiri PAFI Zainal Abidin hanya terbatas dikenal sebagai seorang laki-laki kelahiran Sawahlunto, Sumatera Barat.

2. Suami dari Ibu Rukmini Zainal Abidin

Selain dikenal sebagai pendiri PAFI Zainal Abidin adalah sosok penting, yang juga merupakan suami dari Ibu Rukmini Zainal Abidin. Di masa kemerdekaan Indonesia ibu Rukmini Zainal Abidin juga aktif berperan sebagai anggota Palang Merah.

Ibu Rukmini Zainal Abidin sendiri lahir dari keluarga yang erat kaitannya dengan kefarmasian. Bahkan sejak kecil beliau sudah sering diajak ke pabrik obat milik dokter Jerman oleh kedua orang tuanya.

Selanjutnya ibu Rukmini Zainal Abidin juga sosok penting di Indonesia, yang merupakan pendiri dari PT Tunggal Idaman Abadi. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi di Indonesia dan terus bersinar sampai sekarang.

3. Membuka Pabrik Pertama di Tahun 1970

Pendiri PAFI sendiri bapak Zainal Abidin juga membuka pabrik farmasi pertama yang dimilikinya pada tahun 1970. Hal ini merupakan pabrik farmasi, yang diharapkan mampu mendukung perkembangan dunia kefarmasian di Indonesia.

Bapak Zainal Abidin juga  menamai pabrik farmasi pertanya dengan sebutan PT Abdi, ayng berada di jalan Percepatan Negara, Jakarta. Hal ini juga menjadi salah satu sejarah kemajuan serta perkembangan farmasi di Indonesia.

4. Bersama Isteri Membuka Pabrik Farmasi Berikutnya

Rasanya semangat Bapak Zainal Abidin dan Ibu Rukmini dalam memajukan dunia farmasi di Indonesia tidak ada padamnya. Hal ini bisa dilihat dengan pembangunan pabrik farmasi kedua di tahun 1975.

Kedua pasangan suami isteri tersebut kemudian mendirikan pabrik bernama PT Tunggal, yang ada di Jl. Jenderal Ahmad Yani 7, Jakarta. Perusahana ini menjadi titik awal pembuka Kerjasama jangka panjang diantara para pengusahan farmasi multinasional.

5. Ketua PAFI

Bapak Zainal Abidin juga merupakan pendiri sekaligus ketua PAFI yang pertama. Hingga saat ini pastinya sudah nama Zainal Abidin tidak asing di kalangan tenaga farmasi di Indonesia.

Itulah informasi mengenai biografi Zainal Abidin pendiri PAFI. Melalui informasi ini diharapkan semua tenaga farmasi serta seluruh masyarakat mampu mengenal Bapak Zainal Abidin secara baik. Info lebih lengkap mengenai PAFI bisa mengunjungi website pafikabburu.org.