Model-Model Pengelolaan Keuangan Keluarga Muda Indonesia

Model-Model Pengelolaan Keuangan Keluarga Muda Indonesia

Ada beberapa model-model pengelolaan keuangan keluarga muda Indonesia yang wajib diketahui. Mengelola keuangan penting dilakukan khususnya bagi keluarga muda di Indonesia. Dengan pengelolaan keuangan yang benar dan maksimal, masalah keuangan keluarga kecil kemungkinan terjadi. Berikut ini beberapa model-model pengelolaan keuangan keluarga muda Indonesia.

1. Gabungan

Gabungan menjadi salah satu model pengelolaan keuangan keluarga muda Indonesia. Model gabungan artinya penghasilan suami istri bekerja digabung kemudian digunakan untuk kepentingan dan kebutuhan keluarga. Dengan begini, biasanya keuangan keluarga akan sangat kuat. Tujuan keuangan bisa dengan cepat dan banyak tercapai.

2. Seratus Persen Tanggungan Suami

Umumnya keluarga di Indonesia menerapkan model pengelolaan keuangan ini. Semua penghasilan suami sepenuhnya menjadi milik keluarga. Sedangkan jika istri juga berpenghasilan, maka sepenuhnya menjadi milik pribadi. Alokasikan dana tersendiri bagi suami agar bisa bebas berbelanja atau mempergunakan uang untuk kebutuhan pribadinya.

3. Suami Beri Jatah

Jika sebelumnya seratus persen tanggungan suami, model pengelolaan keuangan keluarga ini suami memberikan jatah 50-80 persen. Sisanya akan disimpan suami sendiri. Pastikan melakukan diskusi untuk menentukan jumlah jatah dan sesuaikan dengan gaji atau penghasilan selama sebulan.

4. Bagi Tugas

Bagi tugas contohnya suami bertugas bertugas mengurus investasi dan tagihan rutin besar seperti pajak-pajak rumah dan kendaraan bermotor. Sedangkan Istri bertugas memenuhi kebutuhan rumah dan dapur, serta kebutuhan sekolah anak-anak. Dengan begitu, menjadikan keuangan keluarga adil dan kuat. 

5. Penghasilan Satu Pintu

Model pengelolaanterakhir ini terjadi ketika salah satunya tidak berpenghasilan, bisa suami atau istri. Dengan begini, pasangan yang tidak berpenghasilan akan minta uang pada yang lain jika ada kebutuhan. Kadang, misalnya, istri yang tidak bekerja, maka suami memberikan kartu debit untuk dipakai istri.

Itulah beberapa model-model pengelolaann keuangan keluarga muda di Indonesia. Apa pun model pengelolaan keuangan keluarga sudah seharusnya diiringi dengan keterbukaan satu sama lain antara suami dan istri. Jika mengalami kesulitan dalam hal keuangan dan memutuskan untuk melakukan pinjaman, pastikan sudah berdiskusi dengan pasangan.

Melakukan pinjaman tidak hanya soal mendapatkan uang atau dana dengan cepat saja, tapi ada banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan seperti bunga, tenor, dan biaya administrasi. Jika Anda sedang mencari platform pinjaman online, pastikan platform tersebut sudah berizin dan diawasi oleh OJK seperti platform AdaKami dan lainnya.